IMG-20160726-WA0005Bogor (24/07) –  Open Trip Pancaniti kembali diadakan oleh relawan pengajar muda Bogor. Ini merupakan kali ketiga dilaksanakannya kegiatan tersebut. Kegiatan yang diisi dengan mengajar di salah satu daerah tertinggal di kabupaten Bogor tersebut dilaksanakan selama dua hari satu malam yaitu pada tanggal 23-24 Juli 2016 di Desa Sukamulya. Pelaksanaan Open Trip Pancaniti 3 ini bersamaan dengan peringatan hari anak nasional yang diperingati pada tanggal 23 Juli. Kegiatan berlangsung dengan lancar.

Mirisnya, daerah tempat mengajar tepatnya di kampung Mulyasari ini lebih tertinggal daripada kampung Cibuyutan yang selama ini dikenal sebagai daerah paling tertinggal di kabupaten Bogor. Kurang lebih terdapat 57 kepala keluarga. Jika di Cibuyutan pasokan listrik didapat dari panel surya, lain halnya dengan di Sukamulya yaitu pasokan listrik yang didapat berasal dari kincir air yang dibuat oleh warga sendiri. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab anak-anak di Sukamulya menempuh pendidikan kurang maksimal. Hanya ada madrasah (re:bangunan sebagai tempat belajar) tanpa dilengkapi perlengkapan belajar mengajar seperti bangku sekolah, lampu dan sebagainya.

hari anak Belum ada pengajar tetap, memanfaatkan 1 papan tulis hitam untuk sekitar 50 murid, dan kesulitan memperoleh ijazah. Kesulitan untuk membedakan tahun dan tanggal, apalagi untuk mengetahui nama-nama daerah di Indonesia. Dengan fasilitas seadanya, semangat belajar dari anak-anak kampung Mulyasari patut diacungi jempol. Mungkin hal inilah yang menjadi pengisi energi semangat dari relawan pengajar muda untuk turut mencerdaskan anak bangsa.

Pendidikan merupakan hak setiap manusia. Dengan adanya peringatan hari anak nasional diharapkan tidak hanya sekadar untuk diperingati tetapi juga diwujudkan dalam bentuk kemajuan dan pemerataan di bidang pendidikan khususnya agar dihasilkan generasi penerus bangsa yang terdidik. (FF)

 

 

 

25/7/16

Bagikan melalui:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons