Jurnalikanews – Semakin maju negaranya semakin maju teknologinya. Mobil tanpa pengemudi menjadi tren baru saat ini, termasuk taksi. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengambil peluang dengan melakukan fase percobaan baru.

Kini, kamu bisa naik taksi tanpa pengemudi dan tanpa biaya selama uji coba di jalanan Singapura. Perusahaan NuTonomy merupakan perusahaan pertama yang mendapatkan izin dari pemerintah Singapura untuk menguji mobil tanpa pengemudi di sebuah daerah kecil di negara itu pada awal tahun 2016.

NuTonomy adalah perusahaan rintisan pengembang piranti lunak untuk mobil tanpa sopir yang berada di Amerika Serikat. Perusahaan itu didirikan pada tahun 2013 oleh dua peneliti MIT yang khusus berkecimpung di bidang robotik dan teknologi tanpa pengemudi.

IMG-20160831-WA0003Taksi tersebut bukanlah kendaraan yang futuristik dan mengkilap melainkan mobil-mobil kecil merek Renault dan elektrik Mitsubihi yang telah dilengkapi dengan piranti lunak dan kamera dari nuTonomy, karena nuTonomy bukanlah produsen pabrik mobil.

Enam armada taksi ini akan melewati daerah hanya seluas 4 kilometer di bagian barat Singapura dan dilengakapi dengan sistem kompleks dengan laser yang beroperasi untuk memonitor sekitar mobil dan kamera yang terhubung dengan piranti lunak. Taksi-taksi ini ada lokasi penjemputan dan penurunan penumpang yang ditetapkan, jadi penumpang tidak boleh naik atau turun semau mereka.

Taksi tersebut diadakan di Singapura karena Singapura sudah men jadi ‘surga taksi’. Memiliki mobil sendiri sangatlah mahal dan banyak orang yang naik taksi sehari-hari. Ongkos taksi murah dan banyak sekali permintaan pemesanan taksi.

Situasi lalu lintas di seluruh kota pun cukup disiplin dan teratur. Menurut nuTonomy, sasarannya tidak hanya menyelesaikan ujicoba kecil tersebut, tapi mengembangkannya menjadi armada taksi yang benar-benar tanpa sopir di Singapura pada tahun 2018.(Marcerif)

Sumber : https://telset.id/144808/taksi-tanpa-pengemudi-pertama-di-dunia-melenggang-di-singapura/ dan http://tekno.kompas.com/read/2016/08/27/10270017/Taksi.Tanpa.Sopir.Sudah.Bisa.Dijajal.di.Singapura (31/8/16)

Bagikan melalui: