Jurnalikanews– Sejarah merupakan studi tentang masa lalu yang benar-benar pernah terjadi sehingga memiliki kaitan dengan masa sekarang. Jadi, sejarah sangat penting di kalangan masyarakat karena dengan adanya sejarah kita bisa tahu asal-usul dan sebab-akibat dari sebuah peristiwa yang pernah terjadi pada masa lalu sebelum kita menikmati kehidupan masa sekarang ini. Sejarah masa lalu itu ibaratkan sebuah guru, karena sejarah sangat membantu kita untuk menentukan masa depan yang lebih baik lagi. kejadian-kejadian yang pernah terjadi di masa lalu bisa dijadikan contoh untuk masa sekarang baik yang bagus maupun buruknya.

22 Sekarang sejarah sangat sedikit di minati oleh masyarakat, khususnya para remaja, padahal semua yang kita nikmati sekarang ini merupakan hasil dari sejarah masa lalu. Sejak zaman modern ini membutakan mereka, jadi sejarah masa lalu hanya dianggap sebagai masa jadul yang tidak penting lagi di masa sekarang yang serba canggih ini.

Seorang penulis yang terkenal pun sudah mengatakan bahwa “generasi yang mengabaikan sejarah dan masa lalu tidak akan memiliki masa depan” (Robert A. heinlein). Begitu juga dengan bapak proklamator indonesia juga pernah mengatakan “jangan sekali-kali melupakan sejarah” karena bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat memahami sejaranya sendiri, kalau tidak bangsa tersebut menjadi bangsa yang kecil terlebih dahulu, tidak mungkin bangsa tersebut bisa menjadi bangsa yang besar, berkembang dan maju seperti sekarang ini (ir.soekarno). Semua pasti membutuhkan proses mulai dari kecil hingga menjadi besar, dari tidak ada menjadi ada, dari tidak tahu menjadi tahu dan itulah yang di katakan sejarah. Bisa kita bayangkan bagaimana pentingnya sejarah masa lalu untuk masa sekarang dan masa depan.

2Sejarah masa lalu memang memiliki banyak manfaat antara lain kegunaannya dalam edukatif dapat memberi pelajaran berdasarkan peristiwa/pengalaman masa lampau yang sudah terjadi, bisa juga sebagai inspirasi karena dapat memberi ilham sehingga menumbuhkan motivasi untuk melakukan yang lebih baik lagi, dan bisa juga berguna sebagai rekreatif dapat memberi kesenangan, pengalaman dan pengetahuan tanpa harus beranjak dari tempat. Maka dari itu mulai dari sekarang marilah kita mendekatkan diri dengan mempelajari sejarah, melestarikan tinggalan masa lalu dan mengembangkan di masa sekarang ini. Banyak peninggalan sejarah yang di temukan di pelososk nusantara, benda-benda itu merupakan warisan masa lampau yang sangat berharga dan sangat tinggi nilainya. Untuk para penerus bangsa “jangan melupakan sejarah, karena kepintaran kita saat ini di dasari oleh masa lalu.”

Malindo

Mahasiswa Akeologi Universitas Jambi

Bagikan melalui:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons