Jurnalikanews- Berlibur memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Libur merupakan momen yang tepat untuk menghilangkan segala kepenatan yang ada, meninggalkan rutinitas yang terkadang membosankan, mengunjungi tempat-tempat mengasyikkan, atau sekedar berkumpul bersama sanak saudara. Namun seringkali saat mengunjungi tempat-tempat wisata, travellers malah menjadi acuh dan merusak lingkungan tanpa disengaja. Padahal, saat berlibur ternyata bisa juga loh tetap ramah lingkungan. Berikut adalah tips-tips agar travellers tetap dapat menjaga lingkungan tanpa harus merusaknya :

  1. Kurangi Penggunaan Tisu

tisu

http://tissueku.com

Tisu mungkin merupakan bawaan wajib saat liburan, namun ada banyak cara untuk mengurangi penggunaannya. Travellers bisa membawa handuk kecil atau sapu tangan kemanapun. Untuk mengeringkan tangan di toilet, Travellers bisa menggunakan hand dryer.

2.      Bawa Kantong Sampah dan Reusable Bag

Membawa kantong sampah kemanapun travellers pergi untuk menampung sampah sementara. Selain itu, dianjurkan untuk membawa reusable bag sehingga saat berbelanja sesuatu, travellers tidak akan menambah sampah kantung plastik atau paper bag lagi.

  1. Bawa Tempat Makan dan Botol Minum

Berlibur adalah waktu yang tepat untuk mencicipi semua makanan, dan disaat kita buru-buru kita akan membungkus makanan  kita. Namun, sadarkah bahwa membungkus makanan akan menambah sampah, baik kertas, karton, plastik dan yang paling parah, sterofoam. Maka dari itu, membawa tempat makanan akan mengurangi sampah yang ditimbulkan. Selain itu, membawa botol minuman akan mengurangi sampah botol plastik dan menghemat pengeluaran.

  1. Jangan Tinggalkan Jejak Kecuali Foto

fotowww.stocksnap.io

Kemanapun travellers pergi, jangan tinggalkan jejak kecuali foto. Jangan mencoret-coret mencabut tanaman apalagi merusak lingkungan. Jangan pula meninggalkan sampah di tempat yang travellers kunjungi. (RK)

(30/5/17)

Bagikan melalui:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons