cara-hidup-sehat-cantikitu

    Jurnalikanews- Setiap orang pasti mendambakan jiwa serta raga dan pikiran yang sehat. Kesehatan menjadi hal yang penting karena mahal nilainya, maka dari itu kita perlu menjaga kesehatan sebaik mungkin. Sehat merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada setiap insan tanpa terkecuali. Sebagai seorang perantau yang tinggal dikostan bukan berarti tidak dapat menerapkan pola hidup sehat. Adapun beberapa penjelasan mengenai tips and trick menerapkan pola hidup sehat sebagai berikut :

  1. Menjaga Pola Makan yang Teratur

Meski tinggal di kost-an yang jauh dari sanak keluarga, jangan sampai kita menggampakan urusan perut, minimal kita harus makan 2-3 kali sehari dengan teratur dan gizi yang tercukupi. Dan jangan terlalu sering jajan sembarangan diluar karena dapat menguras kantongmu lho.

  1. Masak Sendiri

Minimal dengan memasak nasi sendiri kita dapat berhemat, sehingga hanya membeli lauk-pauk nya saja diluar, namun tetap memperhatikan kebersihan serta harganya ya!. Tapi, alangkah lebih baik jika kamu memasak lauk-pauk mu sendiri, seperti sekedar memasak sayur bayam, tumis kangkung, orek tempe, ayam goreng maupun masakan rumahan sederhana lainnya, sehingga kebersihannya dapat kamu jamin sendiri dan kantongmu tak perlu dirogoh terlalu dalam bukan?

  1. Konsumsi Air Mineral dan Buah-buahan Segar

Air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia sehingga jangan sampai kamu kekurangannya, karena dapat mengurangi fokus dan konsentrasimu dalam menerima pelajaran yang diberikan dengan baik. Usahakan pula kamu memiliki air galon sendiri jadi tidak perlu setiap hari mengeluarkan uang untuk membeli air mineral. Begitu pula dengan buah-buahan, di dalam buah terdapat banyak kandungan yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, jadi tak masalah bukan jika kamu mengonsumsinya?. Buah yang kamu beli pun tidak harus buah-buahan mahal, melainkan buah-buah yang masih segar yang dijual dipasaran maupun toko buah lainnya.

  1. Istirahat yang Cukup

Idealnya mungkin waktu istirahat yang baik adalah 6-8 jam setiap harinya. Namun, itu merupakan hal yang sukar dilakukan bagi sebagian mahasiswa karena adanya tuntutan tugas, laporan praktikum, presentasi, persiapan ujian maupun hal lainnya. Meski demikian, kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuhmu, karena alarm antibody tubuhmu hanya kamu yang memahaminya. Dan jangan sering tidur larut malam jika tak diperlukan ya, agar tak mengganggu kegiatanmu pada keesokan harinya.images sehat

  1. Atur Cash di dompetmu

Jangan karena niat berhemat kamu jadi menyiapkan cash seminim mungkin, sehingga kamu harus bolak-balik pergi ke atm, dengan begitu kamu akan sulit mengontrolnya. Sebaiknya siapkan cash di dompetmu secukupnya minimal untuk lima sampai tujuh hari kedepan, agar kamu sedikit demi sedikit dapat me-manage keunganmu sendiri sehingga tak terjadi “besar pasak daripada tiang”.

  1. Punya P3K Sendiri

P3K disini maksudnya bukan seperangkat kotak pertolongan pertama pada kecelakaan, melainkan obat-obatan pribadi yang kamu butuhkan sewaktu-waktu jika kondisi tubuhmu menurun. Untuk kamu yang tak memiliki riwayat penyakit akut maupun kronis kamu dapat menyiasatinya dengan menyimpan vitamin yang aman dikonsumsi setiap hari.

  1. Olahraga & Me-Time

Setelah lima hari dalam seminggu dipadatkan dengan beragam aktivitas, tidak ada salahnya jika kamu melakukan Me-time dengan tujuan me-refresh diri seperti sekedar bersantai-santai, hang-out bersama teman,  menonton film kesukaan, merapihkan kamar kost-an serta olahraga untuk menjaga stamina tubuh.

Begitulah tips and trick hidup sehat anak rantau ala Jurnalika. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk menjalani kehidupan yang mandiri di tanah rantau. Jadi, sudah siapkah kamu hidup sehat meski merantau? Karena anak kost harus tetap sehat agar kuat menghadapin kenyataan lho. [Yz]

images (1)

Sumber Gambar :

http://www.cantikitu.com/2016/06/cara-menjalani-pola-hidup-sehat.html?m=1

http://www.mediagaruda.co.id/2016/11/05/10-tips-pola-hidup-sehat-agar-awet-muda/

http://we-lifestyle.blogspot.co.id/2015/03/5-tips-sederhana-menjalani-pola-hidup.html?m=1

 

Bagikan melalui:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons