Daytime-sleepiness-21042016

          Jurnalikanews- Rasa lelah pasti tidak bisa dihindari setelah kita beraktivitas seharian. Naandan, di era sekarang ini dimana kita dituntut dapat bekerja dengan cepat, kondisi seperti itu tentu akan menghambat produktifitas kita.

         Sebenanarnya ada banyak faktor yang menyebabkan rasa lelah atau letih pada tubuh kita. Hal ini perlu diperhatikan agar cara mengatasi lelah tersebut bisa lebih efektif, efisien, dan sehat.

Penyebab rasa lelah :

  1. Tidak Cukup Tidur

Uandamnya orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam sehari untuk tidur. Apabila anda mengantuk berat saat beraktivitas, bisa jadi karena kualitas dan kuantitas tidur anda menurun. Hati-hati, karena kurang tidur bisa berakibat buruk pada kesehatan dan konsentrasi anda.

  1. Kekurangan Energi

Makan yang terlalu sedikit menyebabkan tubuh kelelahan, tetapi menyantap makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Diet seimbang membantu menjaga kadar gula darah anda dalam rentang normal dan mencegah rasa lelah ketika gula darah anda menurun.

  1. Anemia

Anemia merupakan penyebab utama kelelahan pada wanita. Mengeluarkan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Sel-sel darah merah sangat diperlukan tubuh karena mereka membawa oksigen ke jaringan dan organ.

 

  1. Depresi

Anda mungkin berpikir depresi hanyalah gangguan emosi. Namun, ternyata hal ini juga berhubungan dengan gejala fisik. Salah satu gejala fisik yang paling umum adalah kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Jika anda tetap merasa lelah dan murung selama lebih dari dua minggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

  1. Kebanyakan kafein

Mengonsumsi kafein dalam dosis wajar dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, terlalu banyak kafein dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan kejang. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.

  1. Dehidrasi

Kelelahan bisa jadi tanda anda terkena dehidrasi. Meskipun anda bekerja di luar atau berkutat di atas meja, tubuh tetap membutuhkan air untuk bekerja dengan baik dan tetap tenang. Tanda-tanda orang dehidrasi ialah mengalami kehausan.

  1. Kerja “Shift”

Bekerja malam atau melakukan kerja shift dapat mengganggu jam tidur anda. Anda mungkin merasa lelah ketika harus terjaga dan mengalami kesulitan tidur di siang hari.

  1. Penyakit Jantung

Ketika Anda merasa kelelahan akibat kegiatan rutin, seperti membersihkan rumah atau menyiangi halaman, bisa jadi itu pertanda jantung tidak bekerja dengan baik. Jika ternyata kegiatan sehari-hari yang mudah pun semakin sulit untuk dilakukan, segeralah berkonsultasi kepada dokter.

  1. Diabetes

Penderita diabetes umumnya memiliki kadar gula darah tinggi, tetapi, gula darah ini tetap berada dalam aliran darah dan tidak masuk ke dalam sel-sel sehingga tidak dapat diubah menjadi energi.

Tips agar tidak cepat lemas, letih, dan lesu:

Berikut cara meningkatkan energi agar badan selalu fit, biar tidak cepat lemas, letih dan lesu.

  • Minum Air Secukupnya

            Apakah Anda minum cukup air?, beberapa orang yang mengeluh tentang kelelahan, sebenarnya mengalami dehidrasi. Minum 8 gelas air sehari. Cobalah untuk minum lebih banyak pada siang hari atau pada saat cuaca yang panas. Hal ini untuk menghindari minum pada malam hari. Terlalu banyak minum cairan pada malam hari dapat menyebabkan terbangun di malam hari dimana dapat menghambat tidur Anda.

  • Tidur secukupnya

            Jangan menganggap sepele masalah tidur. Anda membutuhkan 8 jam untuk tidur setiap malam. Jangan tidur terlalu lama. Usahakan tidur dengan keadaan yang nyaman dan tanpa gangguan, mungkin anda juga bisa mematikan lampu kamar anda.

  • Berolah raga secara cukup dan teratur

            Olah raga merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan stamina seseorang serta menambah gairah seseorang untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Apabila tidak cukup waktu untuk berolah raga, maka anda dapat berjalan kaki selama, minimal, 10 menit, karena jalan kaki merupakan hal yang sepele namuan sangat bermanfaat bagi tubuh seseorang.

  • Batasi konsumsi Kopi

            Kita tahu bahwa kopi meningkatkan energi. Tapi, mengkonsumsi beberapa cangkir  kopi sehari atau terlalu banyak dapat menyebabkan stres dan kelelahan.

  • Diet yang sehat

            Tambahkan makanan yang mengandung nutrisi buat otak dalam program diet anda. Makanlah makanan dengan campuran lemak sehat, ini akan memberi energi pada sel otak dan meningkatkan konsentrasi berpikir. Ikan dan sayuran hijau tua adalah makanan untuk otak yang sangat baik.

  • Batasi konsumsi gula

            Hindari konsumsi gula berlebihan sebisa mungkin. Kelebihan gula menyebabkan fluktuasi gula darah dan hasilnya adalah penurunan energi.

  • Meningkatkan konsumsi protein

Kurangnya protein merupakan salah satu alasan mengapa kita mengalami kelelahan. Makanlah makanan yang kaya dengan kandungan protein.

         Nah,,itu dia beberapa tips atasi rasa lelah. Sebaiknya anda mulai menerapkan gaya hidup sehat. Membuat beberapa perubahan kecil dalam rutinitas harian bisa memberikan manfaat positif bagi kebugaran tubuh anda. (MRAL)

Bagikan melalui:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons