644

Minggu, 22 April 2018 telah diselenggarakan acara “AKA Earth Day” dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia di kampus Politeknik AKA Bogor. Acara ini diselenggarakan oleh Pihak Program Studi Pengolahan Limbah Industri dengan beberapa pihak yang membantu penyelenggaraan seperti UKM Makapala, Himpunan Mahasiswa, serta IKA AKAP yang juga ikut serta dalam menyukseskan acara tersebut.

Acara dengan jargon “Selamatkan Lingkungan Dengan Eco Green Product” tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka dengan sambutan oleh ketua pelaksana serta jajaran penting yang telah di undang seperti Direktur Politeknik AKA Bogor, dosen terkait, serta sambutan dari DLH kota Bogor.

Banyak hal menarik yang diadakan antara lain seminar mengenai Pengolahan Limbah Industri. Beberapa materi yang dibahas berupa Pengolahan limbah B3 menjadi produk ecogreen yang diisi oleh Dede Darmawan, Pengolahan limbah padat ramah lingkungan oleh Lurizal Hilabi, serta workshop tentang pengolahan limbah padat yang ramah lingkungan oleh Aang Moechamad Abas.

Disekitar tempat berlangsungnya acara juga telah disiapkan beberapa pameran yang berisi hasil karya mahasiswa Program Studi Pengolahan Limbah Industri berupa hasil olahan sampah menjadi karya-karya yang bernilai jual. Tidak hanya untuk mengolah sampah demi melestarikan bumi, namun pengunjung juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dari olahan sampah tersebut.

645Antusiasme dapat dikatakan cukup besar dengan banyaknya pengunjung yang hadir baik dari Mahasiswa Politeknik AKA maupun peserta lain, seperti komunitas peduli lingkungan yaitu Sekolah Alam Bogor, komunitas Peduli Ciliwung, dan Earth Hour Bogor. Tidak hanya diundang untuk hadir, komunitas tersebut juga diberikan waktu untuk mengajak peserta untuk ikut andil dalam menjaga bumi ini dengan cara melestarikan lingkungan mulai dari hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, mematikan lampu selama 2 jam pada hari Sabtu dan Minggu ketiga setiap bulan, dan juga menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Tidak berhenti disitu, AKA Earth Day dilanjutkan dengan adanya “Paska Event” berupa bersih-bersih dan penanaman pohon di area sekitar kampus Politeknik AKA Bogor pada hari Minggu 29 April 2018. Namun kali ini acara tidak bersifat umum yaitu hanya diikuti oleh panitia dan mahasiswa Politeknik AKA.

Akhmad Taufiqur Rahman selaku ketua pelaksana AKA Earth Day 2018 berharap setelah diadakannya acara “AKA Earth Day” ini peserta yang telah mengikuti dari awal sampai akhir mengetahui dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan mau untuk memakai ataupun membuat dan berinovasi dengan Ecogreen Product. (xt/RR)

Bagikan melalui: