bisnis

JurnalikaNews-Anda merupakah mahasiswa disuatu universitas, atau mahasiwa di politeknik selamat hidup anda akan berubah ketika membaca artikel ini, saat awal bulan anda merasa berkecukupan, akan tetapi diakhir bulan anda merasa seakan kekurangan uang, yup inilah salah satu dari sekian banyak dilema yang dirasakan oleh sebagian mahasiswa. Uang merupakan sumber kehidupan bagi para mahasiswa terutama anak kost, karena jika uang di dompet hilang (habis), direkening pun saldo tidak mencukupi maka anda wajib bersiap-siap untuk makan INDOMIE setiap harinya. Untuk mengatasi kekrisisan duit yang anda miliki sebenarnya caranya cukup mudah yaitu anda dapat mengatur perputaran uang anda, maksudnya disini anda harus mencatat dan menganggarkan pengeluaran, maupun pemasukan uang anda setiap bulannya, karena dengan cara ini maka track record uang anda dapat terlacak dengan mudah sehingga anda dapat mengatur agar pengeluaran anda perbulannya tidak terlalu besar.

Langkah selanjutnya ini dia yang paling mujarab untuk mengatasi permasalah tersebut bukan hanya mengatasi tetapi akan membuat anda lebih sukses kedepannya, yaitu dengan cara berbisnis, disini penulis akan membagikan beberapa bisnis yang dapat anda ikutin, karena bisnis ini insyaallah dapat anda jalankan karena hanya membutuhkan modal yang kecil akan tetapi membutuhkan ketekunan, keteguhan, dan kepercayaan diri agar usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar. Langsung saja berikut ini berbagai macam contoh usaha yang dapat anda terapkan :

  1. Bisnis Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Berjualan pulsa Elektrik dan paket internet adalah salah satu contoh bisnis mahasiswa tanpa modal besar. Karena anda hanya perlu melakukan top up saldo dan saldo anda ini yang dapat diputarkan sehingga akan menghasilkan untung, meskipun bisnis pulsa elektrik ini memiliki keuntungan yang cukup kecil akan tetapi apabila anda menjalaninya dengan sepenuh hati pasti uang jajan anda dapat terselamatkan.

  1. Menjadi Penulis Artikel

Jika Anda suka menulis atau punya kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan maka peluang bisnis untuk mahasiswa yang satu ini bisa jadi pilihan yang terbaik untuk Anda. Bisnis mahasiswa yang satu ini mudah dilakukan dan tidak butuh modal yang besar, bahkan nyaris tanpa modal. Namun, Anda harus memiliki peralatan standar untuk menjalankannya, diantaranya; perangkat laptop dan koneksi internet yang cukup stabil. Selain itu, bagi seseorang yang suka menulis tentu bisnis ini menjadi ajang kreativitas yang menyenangkan. Dengan kreativitas dan imajinasi menulis, Anda bisa menjalankan bisnis ini kapan saja dan di mana saja.

  1. Usaha Dropship atau Reseller Online

Nah ini dia satu lagi usaha yang sangat menjanjikan yaitu menjadi reseller, jujur aja penulis juga sedang menjalankan usaha ini, karena penulis rasa usaha ini sebenarnya gampang-gampang susah tetapi apabila anda pantang menyerah pasti usaha anda ini akan berjalan dengan sukses. Kunci dari menjadi reseller yaitu anda harus memiliki koneksi yang cukup banyak agar dapat mencari Penyedia barang anda yang memiliki harga yang cukup murah akan tetapi tetap berkualitas, setelah itu kunci selanjutnya yaitu keaktifan anda dalam memasarkan produk anda baik secara bantuan online shop seperti Shoppe, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan anda dapat mempromosikan barang anda melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, Whatsapps Group, dan Group Line anda. Jika kunci diatas anda dapat jalankan maka insyaallah usaha anda sebagai Dropship ini akan berjalan dengan sukses.

bisnis 2

  1. Jasa Desain Grafis

Untuk bisa menjalankan bisnis ini, tentunya Anda harus punya skill dalam pengolahan gambar dan perangkat yang memadai. Anda juga perlu menguasai penggunaan software editing gambar seperti Photoshop, Adobe Illustrator, atau Corel Draw. Selain itu, perangkat komputer/ laptop pun harus memadai karena akan berpengaruh pada hasil kerja. Yang pasti, bisnis jasa desain grafis ini merupakan bisnis menjanjikan untuk mahasiswa yang punya skill desain.

 

  1. Menjadi Youtuber Profesional

bisnis 3

Di Indonesia sudah ada banyak sekali yang menghasilkan uang dari YouTube. Tujuan mereka menjadi YouTuber pun beragam, ada yang ingin menghasilkan uang, ada juga yang hanya ingin bersenang-senang. Dalam hal ini tentunya Anda ingin menghasilkan uang. Penghasilan yang anda peroleh jika memang content yang anda berikan itu kreatif dan memiliki nilai jual dan estetika, maka perbulan anda akan menghasilkan uang yang bahkan lebih dari cukup untuk kehidupan anda sehari-harinya. Kuncinya yaitu dibutuhkan ketekunan dan juga kreatifitas yang dapat membuat penonton tidak mudah bosen dengan Youtube Chanel anda.

Mungkin cukup sekian yang dapat penulis bagikan semoga dengan saran-saran bisnis yang penulis berikan ini dapat membantu agan-agan semua dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih karena sudah membaca dan Jaga Sholat, jangan lupa berdoa, karena Allah SWT maha pengasih dan maha penyayang. (F.A.N)

Bagikan melalui: