3Jurnalikanews- Tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya yang indah, daerah Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten masih menyimpan wisata air terjun yang tidak kalah indah dengan wisata pantainya. Salah satu yang menjadi favorit masyarakat banten yaitu Curug Putri yang terkenal dengan julukan “Green Canyon-nya Wong Banten”.

Tempat wisata ini terletak di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura), di sekitar Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Curug yang berjarak 58 KM dari pusat ibu kota provinsi banten ini memiliki berbagai keindahan yang sangat wajib kita nikmati. Lokasinya yang berada di tengah hutan akan membuat pengunjung merasakan nikmatnya alam bebas dan udara yang sangat sejuk. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan hutan tropis yang sangat indah selama perjalanan menuju lokasi Curug Putri.

Untuk sampai di lokasi air terjun, para pengunjung harus melewati tiga tahap perjalanan. Pertama, menggunakan kendaraan bermotor sekitar 20 menit mulai dari depan gerbang Tahura sampai ke pos pemarkiran motor, untuk pemarkiran motor dikenai biaya 15.000 rupiah per motor. Kedua, pengunjung berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam menuju Pos Curug Putri, dengan adanya pemandangan yang indah selama perjalanan akan membuat perjalanan tidak terasa membosankan. Terakhir yaitu, pengunjung akan menyusuri sungai untuk sampai di lokasi air terjun, pada tahap ketiga ini kita dikenai biaya sekitar 30.000 – 50.000 rupiah tergantung bagaimana kita bernegosiasi dengan pemandu wisata di sana, biaya ini sudah termasuk pelampung dan 2 orang pemandu yang akan membantu para pengunjung untuk sampai di lokasi air terjun.

3_2Tempat wisata ini sangat cocok menjadi pilihan destinasi wisata pada liburan akhir tahun kita. Kita bisa menikmati wisata ini dengan keluarga ataupun teman. Namun, untuk para pengunjung yang ingin berwisata ke Curug Putri ini disarankan menggunakan kendaraan motor trill, dan menggunakan sepatu, karena medan jalan yang dilalui untuk sampai ke lokasi sangat berlumpur, dan banyak batuan. (Tos)

Bagikan melalui: