Jurnalikanews– Pemuda merupakan ujung tombak dari sebuah negeri, pemuda juga menjadi representative ke depan bakal jadi seperti apa negeri ini nantinya, di tangan pemuda lah harapan menuju ke arah yang lebih baik akan selalu ada. Kontribusi pemuda pun sangat diperlukan untuk mewujudkan keberhasilan negeri. Demi Ibu Pertiwi.

ideapers.com-tantangan-pemud-zaman-now

Gambar: rumahbaca.id

Banyak orang tidak asing lagi dengan quotes yang mengatakan bahwa “yang muda yang berkarya”. Sepaham dengan quotes tersebut yang memaknai agar anak muda di seluruh penjuru negeri harus menumbuhkan rasa untuk menghasilkan sebuah karya. Dengan banyaknya karya yang lahir dari para pemuda menunjukkan bahwa sumber daya manusia yang ada akan membuat negeri semakin kreatif, inovatif dan produktif. Namun yang perlu dijadikan renungan, ciptakan lah sebuah karya yang memang benar-benar dapat memberikan kebermanfaat dan bersifat inspiratif agar nantinya dapat memberikan semangat motivasi ke banyak orang untuk ikut menghasilkan karya.

Menjadi seorang pemuda jangan takut untuk terus berimajinasi. Karena dari imajinasi yang dapat dikelolah dengan baik tentunya akan menghasilkan suatu karya berinovasi tinggi yang mampu untuk memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas sekaligus satu persatu permasalah di negeri ini akan terhapus dengan ouput yang dihasilkan dari inovasi-inovasi tersebut. Terciptanya sebuah negeri pun bisa dikatakan sebagai hasil dari imajinasi. Katakan lah bahwa seorang Bung Karno, Bung Hatta dan para pendiri bangsa lainnya, mereka berpikir untuk bagaimana kemudian menciptakan sebuah bangsa yang besar, bangsa yang mampu berdiri sendiri di atas tanahnya. Kemudian lahir Indonesia. Lantas jika orang-orang terdahulu mampu untuk membentuk sebuah negeri yang besar, dari imajinasi para pemudanya pun pasti mampu untuk meneruskan perjuangan para pendiri bangsa untuk memberikan kontribusinya agar mampu menciptakan sebuah negeri yang lebih besar lagi tentunya.

tim-kreatif

Gambar : Google pict.

Dengan menumbuhkan daya kreatifitas untuk menghasilkan sebuah karya bagi para pemudanya. Maka akan menciptakan sebuah Bangsa yang berkarakter. Dalam membangun bangsa yang berkarakter tentu tak lepas dari peran dari generasi mudanya untuk turut membangun citra tersebut di mata dunia. Untuk membentuk generasi muda yang berkarakter tentu tidak semudah seperti membalik telapak tangan. Dukungan dari berbagai elemen masyarakat menjadi hal yang begitu penting untuk mengarahkan pemuda-pemudanya agar dapat membentengi diri dari berbagai macam hal yang dapat membunuh karakter  bangsa itu sendiri. Maka dari itu pendidikan karakter bagi generasi muda menjadi hal yang wajib untuk terus digaungkan oleh berbagai pihak demi memelihara masa depan negeri.

Pembentukan karakter yang berkualitas tentunya merupakan kontribusi dalam jangka panjang. Kontribusi dalam hal mempimpin negeri ini pun menjadi tanggung-jawab bagi para pemuda hari ini. Pemuda sebagai calon pemimpin negeri sudah selayaknya mempunyai karakter dengan keteladanan yang baik serta mempunyai jiwa kebangsaan yang tinggi. Jika ketidakjujuran, rendahnya rasa hormat dan tanggung jawab menjadi sifat yang menjamur di kalangan anak muda maka sudah dipastikan bangsa ini pun akan tidak terarah. Namun jika anak mudanya mempunyai sifat jujur kemudian daya etos kerja yang tinggi serta menjadi teladan yang baik maka bangsa ini akan menjadi bangsa yang baru layak disebut sebagai bangsa yang berkarakter.

Dengan demikian, siapapun yang membaca artikel ini terkhusus para generasi muda, mari sama-sama kita saling menumbuhkan rasa cinta terhadap negeri dan hasrat untuk berkontribusi memberikan yang terbaik, Demi Ibu Pertiwi.

Yoga Gilang Prasetyo_Universitas Sriwijaya_Peran Pemuda

Bagikan melalui:

One Comment

  1. Veny Alvionita says:

    Mantapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons