a

Jurnalikanews- Menuju akhir tahun, tanda liburan sudah dekat. Liburan adalah hal paling ditunggu oleh kebanyakan orang yang memiliki rutinitas padat setiap harinya. Liburan merupakan waktu rehat sejenak dari segala aktifitas yang melelahkan, waktu untuk menyegarkan kembali jasmani dan rohani seseorang. Namun, pernahkah kita merasa hampa saat liburan? Merasa bingung ingin melakukan apa disaat memiliki waktu luang?

Berikut merupakan beberapa kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang:

  1. Menjalankan hobi anda

Terlalu sibuk untuk melakukan hal yang anda sukai saat hari kerja, liburan tentunya merupakan waktu yang tepat bagi anda menjalankan hobi anda. Ada banyak kegiatan yang dapat anda lakukan misalnya, berkebun, memasak, menonton, atau hanya sekedar membaca. Jika bosan berada di rumah, anda dapat melakukan traveling ke tempat yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya, mungkin ke beberapa wisata alam terdekat dari lokasi anda berada. Hal ini dapat membantu meringankan beban pikiran setelah melakukan pekerjaan yang berat.

 

  1. Mengunjungi saudara atau teman

Bersilaturahmi merupakan kegiatan positif yang dapat anda lakukan disaat waktu senggang. Selain meningkatkan keakraban dan menjaga hubungan, bersilaturahmi juga mampu mendekatkan diri kita dengan Allah SWT. Jadi, sempatkanlah waktu untuk mengunjungi kerabat terdekat agar tetap terjaga hubungan yang sudah terjalin.

 

  1. Melakukan introspeksi dan mencoba memperbaiki diri

Cobalah untuk melakukan introspeksi pada diri anda, ingatlah kesalahan apa yang terjadi, mengevaluasi diri merupakan kegiatan yang tidak sia-sia untuk dilakukan. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah agar tercapainya resolusi yang anda buat untuk tahun depan. Melakukan pendataan pengeluaran adalah kegiatan yang anda harus coba agar terciptanya pribadi yang lebih hemat dan mencegah pemborosan.

 

  1. Menjadi sukarelawan

Alangkah baiknya jika anda dapat melakukan kegiatan sosial, daripada pusing dengan keperluan diri sendiri, belajarlah untuk menolong akan sesama. Bukan hanya soal materi, anda dapat menjadi relawan dalam hal tenaga, waktu, bahkan ilmu. Anda dapat menjadi tenaga pengajar di berbagai komunitas pendidikan, daripada ilmu yang anda punya hanya sebatas ada di dalam otak lebih baik untuk menyebarkan ilmu tersebut agar kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh semua pihak, sekalipun orang yang tidak mampu. Dengan menjadi relawan anda akan lebih mensyukuri nikmat yang anda punya, belajar untuk ikhlas dimana anda harus mengorbankan waktu liburan sebatas untuk melihat senyum pihak yang anda tolong. Dengan begitu rasa bahagia dan ketenangan akan muncul dalam hati anda, dan tentunya waktu liburan akan lebih bermakna.

 

  1. Melakukan olahraga

Olahraga adalah langkah sehat yang dapat dilakukan. Cobalah melakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti, berlari, angkat beban, lompat tali, dsb. Setelah itu anda dapat mencoba melakukan yoga. Yoga merupakan salah satu cabang olahraga yang anda harus coba. Olahraga ini akan memberi kebugaran secara fisik,  menenangkan pikiran, dan menambah kecantikan dari dalam. Gerakan-gerakan yoga bertujuan untuk memusatkan pikiran dan tubuh, serta hanya memakai nada pada tubuh anda. Jangan malas untuk berolahraga agar kesehatan tetap terjaga.

 

  1. Memperbanyak ibadah

Walau liburan ibadah juga harus dikencangkan, dengan begitu hati anda akan tetap damai dan selalu bersemangat untuk menjalani hari. Beribadah imsyaallah  akan melancarkan segala urusan kita dan salah satu cara untuk memperbaiki diri sendiri.

 

  1. Memainkan games untuk melatih otak

Di era digital seperti sekarang, ada beberapa games yang dapat anda uduh untuk melatih otak kita dalam berfikir seperti 2048, tebak gambar, infinity loop, brain it on, dan masih banyak lagi yang dapat diunduh secara gratis pada ponsel anda.

Itulah 7 kegiatan positif yang dapat anda lakukan untuk mengisi waktu senggang, cobalah melakukan beberapa kegiatan diatas agar tercapainya liburan yang lebih bermakna dan bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. (Ica)

 

Sumber

Gambar:

https://muslim.or.id/37903-memanfaatkan-waktu-luang-untuk-hal-hal-yang-bermanfaat.html

Isi:

https://www.hipwee.com/list/lakukan-5-hal-ini-agar-hari-libur-kamu-menjadi-lebih-bermakna/

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/7-hal-produktif-yang-bisa-dilakukan-saat-waktu-senggang

http://wartakota.tribunnews.com/2018/08/13/manfaat-yoga-mulai-dari-kekuatan-fisik-hingga-ketenangan-pikiran

https://wm/tech/games/aulia-ratna-safira/9-game-ini-terbukti-melatih-kreativitas-otak/fullww.idntimes.co

Bagikan melalui:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons