2

Jurnalikanews- Akhir-akhir ini banyak kejadian tak terduga yang membuat negara ini sedikit bergetar. Namun bukan perang yang terjadi, namun sebuah peringatan alam untuk manusia di tanah hijau bumi pertiwi. Mungkin ini cukup membuat bingung kalian yang membaca, tetapi ini kejadian nyata yang mungkin belum pernah kalian pahami. Contohnya pada tahun ini, banyak sekali bencana alam yang terjadi dan tak bisa kita hindari seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan masih banyak lagi. Tentu ini masalah yang hampir tiap tahun terjadi. Selain faktor alam yang membuat bencana ini terjadi, ternyata salah satu bencana ini juga disebabkan oleh manusia. Untuk itu, selain menikmati hasil alam yang melimpah, saya juga akan mengajak kalian semua untuk menjaga dan merawat lingkungan. Berikut adalah gerakan cinta lingkungan yang cukup membuat bumi pertiwi tersenyum.

[caption id="attachment_4430" align="aligncenter" width="400"]Green planet Green planet[/caption]
  1. Gerakan Buang Sampah Pada Tempatnya

Sampah salah satu masalah yang tidak ada habisnya di bumi pertiwi. Bahkan di kota-kota besar sudah menikmati dampak becana yang disebabkan oleh sampah contohnya seperti banjir. Peristiwa tersebut bukan kejadian pertama, bahkan setiap tahunnya pasti terjadi. Namun masyarakat masih banyak yang belum sadar akan terjadinya peristiwa tersebut. Supaya hal itu tidak terjadi di lingkungan kalian, maka mulai sekarang janganlah membuang sampah sembarang, karena satu sampah yang kalian buang di sembarang tempat, dapat mengakibatkan bencana itu terjadi.

  1. Gerakan Hemat Air

Gerakan hemat air sangat dibutuhkan di zaman sekarang. Resapan air di zaman sekarang sudah semakin berkurang. Hal ini dapat dilihat dengan pembangunan lahan kosong tanpa perencanaan yang baik di kota-kota besar di Indonesia. Mungkin sekarang belum kalian sadari bahwa fungsi air resapan yaitu sebagai tandon untuk menyimpan air di dalam tanah. Sehingga banyak kasus kekeringan air yang terjadi di negeri tercinta ini. Untuk kalian yang sering boros terhadap pemakaian air, maka mulai sekarang biasakan hemat air karena hidup kalian tergantung pada air.

  1. Gerakan Hemat Listrik

Mungkin kalian berfikir mengapa hemat listrik dapat mempengaruhi lingkungan di sekitar bahkan dunia. Jika pemakaian listrik dari tahun ke tahun semakin meningkat, apalagi penggunaan listrik masyarakat yang sangat boros maka pemerintah akan membangun pembangkit listrik. Sehingga panas yang dihasilkan dari pembangkit listrik akan mengakibatkan kenaikan produktifitas karbondioksida dan menaikan suhu. Dengan kejadian tersebut maka dapat menyebabkan pemanasan global. Dari sekarang lakukan wujud cinta lingkungan dengan memulai gerakan hemat listrik.

  1. Gerakan Tanam Pohon

Tanpa disadari pohon sangatlah penting untuk kelangsungan hidup bagi manusia. Manfaat pohon antara lain menurunkan pecemaran udara, menyerap karbondioksida, menghasilkan oksigen untuk bumi, mencegah terjadi tanah longsor bahkan banjir, dan masih banyak lagi. Perlu kita sadari bahwa dari tahun ke tahun, hutan di tanah pertiwi semakin merusut. Sebagai solusinya kita perlu melakukan gerakan cinta lingkungan yaitu tanam pohon.

  1. Gerakan Dari Diri Sendiri

Mengapa sih harus dari diri sendiri? Ada yang tahu?, hmmm biasanya kita lupa bahwa hal kecil yang disepelekan dapat mempengaruhi hal yang besar. Itu terjadi dari diri kalian, jika kalian tidak membiasakan menjaga lingkungan dengan baik dari hal-hal yang terkecil, maka lama-kelamaan itu akan menumpuk dan berpengaruh besar kepada alam. Karena jika alam hancur maka kita pun akan hancur.

(Anggi Wicaksono_Universitas PGRI Madiun_Dari Aku Untuk Ibu Pertiwi)

Sumber Gambar 1 : https://nabilahandrini.wordpress.com/2016/07/10/cinta-lingkungan-cinta-generasi-dan-masa-depan-bangsa/

Sumber Gambar 2 : https://www.atmago.com/posts/cara-hemat-air-saat-kemarau_post_id_c133d421-4aae-4538-89f7-380978ad9162

Bagikan melalui: