Jurnalikanews- Apakah kalian mengetahui lagu “Ibu Pertiwi”? Lagu yang dimulai dengan lirik berikut.

Ku lihat ibu pertiwi

Sedang bersusah hati

    Bagaimana dengan lagu “Indonesia Raya”? Lagu yang kita nyanyikan setiap hari upacara bendera.

Indonesia, tanah airku.

Tanah tumpah darahku,

Di sanalah aku berdiri.

Jadi pandu ibuku.

    Bisa kita lihat terdapat kata “ibu” dalam kedua lagu tersebut dan semenjak zaman dulu, saya selalu berpikir, siapakah “ibu” yang di maksud dalam lagu tersebut?

    Kata “ibu” digunakan sebagai metafora untuk tanah air Indonesia. Dalam KBBI, “ibu” dapat diartikan sebagai bagian yang pokok sedangkan “pertiwi” artinya adalah dewi yang menguasai bumi.

    Ibu pertiwi adalah tanah airku, Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara. Dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan, pastinya ia dikelilingi oleh lautan. Oleh karena itu, Indonesia juga disebut sebagai negara maritim.tarian-moyang2

Gambar 1.1 Keanekaragaman Budaya di Indonesia

(Sumber: kabarrantau.com/keanekaragaman-budaya-indonesia-dan-semboyan-bhinneka-tunggal-ika/)

Lalu apakah kalian tau seberapa luas wilayah Indonesia? Ingat lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”?

    “Dari Sabang Sampai Merauke” adalah gambaran luas wilayah Indonesia yang membentang dari Sabang, sebuah pulau kecil di ujung utara Pulau Sumatera, hingga Merauke, sebuah kota di sisi timur Pulau Papua. Dilihat dari beberapa lagu nasional yang kita miliki, mendeskripsikan bahwa Indonesia merupakan negara yang beragam dan memiliki kekayaan yang melimpah.

    Sebagaimana kita tahu Indonesia masih termasuk ke dalam negara berkembang. Namun, kita juga sadar bahwa di Indonesia masih tersimpan banyak sekali sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang masih belum kita manfaatkan secara optimal dan maksimal.

    Mengetahui hal itu, kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia selain menjaga integritas bangsa, kita juga harus meningkatkan sumber daya manusia bangsa Indonesia dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan meratakan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Walaupun memang benar negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, kita jangan menghiraukan bahwa sumber daya manusia sama pentingnya dengan sumber daya alam. Gunakanlah sumber daya manusia kita untuk mengoptimalkan sumber daya alam Indonesia. Majukanlah bangsa Indonesia!large-digitalisasi-sdm-1-b2f4cd61f3311692156e683f4eac402b

Gambar 1.2 Sumber Daya Manusia Indonesia

(Sumber: goodnewsfromindonesia.id/2017/12/15/peluang-digitalisasi-terbuka-lebar-untuk-manajemen-sumber-daya-manusia-di-indonesia)

    Bangunlah jiwanya dan bangunlah badannya untuk Indonesia. Indonesia adalah tanahku, negeriku yang kucinta. Indonesia, kita sudah merdeka, hiduplah Indonesia raya.

Shafitri Diniyah Andrayani_SMAN 34 Jakarta_Dari Aku Untuk Ibu Pertiwi

Bagikan melalui: