29829744390_903293175f_bJurnalikanews – Hidup adalah sebuah proses panjang yang harus dilewati setiap orang demi mencapai tujuan dan cita-citanya. Bukan hanya tentang diri sendiri, bagi saya hidup juga tentang orang lain dan lingkungan yang telah mendukung saya untuk tetap berproses menjadi sosok yang lebih bermanfaat.

Sebagaimana yang terkandung dalam sebuah hadist “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain” Hadist tersebut menjadi salah satu motivasi saya, bahwa sejatinya Allah memberi saya kesempatan hidup tidak lain adalah agar diri saya selalu bermanfaat bagi orang lain.

Berbicara tentang kontribusi, saya sadar bahwa apa yang diberikan negara kepada saya jauh lebih besar dan tidak bisa dibandingkan dengan apa yang saya berikan kepada negara. Namun saya yakin bahwa sekecil apapun kontribusi yang saya lakukan untuk masyarakat tetaplah merupakan bentuk usaha saya dalam mendukung pembangunan Indonesia.

Sebagaimana yang tertulis dalam sebuah hadist“Amalkanlah ilmu walau satu ayat” kalimat tersebut seakan menjadi cambuk agar apa yang saya dapatkan bukan hanya sekedar menjadi pencapaian namun juga jalan untuk selalu berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Seperti yang belakangan ini terjadi, di tengah gencarnya pembangunan di dunia pendidikan, nyatanya masih banyak sekolah yang kekurangan guru dan fasilitas. Salah satunya adalah sekolah-sekolah dasar di Desa Jambesari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Tingginya minat baca dan minat sekolah anak-anak yang tidak diimbangi dengan adanya jumlah buku, membuat saya dan teman-teman kuliah dari berbagai jurusan tergerak untuk melakukan perubahan. Tahun 2016 lalu saya ikut andil dalam menggagas pendirian Taman Baca di Desa Jambesari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang.

Menggandeng beberapa stakeholder yang peduli dengan pendidikan, saya dan tim mendapatkan dukungan berupa sumbangan dana serta buku untuk mewujudkan pendirian taman baca. Melibatkan perwakilan warga, guru, serta beberapa aparat desa, hingga saat ini taman baca tersebut masih dijadikan sebagai salah satu rujukan bagi masyarakat dan siswa sekolah di Desa Jambesari Kecamatan Poncokusumo.

Sulap-Poskamling-Jadi-Taman-BacaSaya percaya, bahwa di masa depan Indonesia akan menjadi negara maju dengan lahirnya generasi-generasi emas penerus bangsa yang berkompeten dari berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan. Sektor pendidikan menjadi salah satu tongkat estafet dalam mencapai kemajuan suatu bangsa. Bukan tanpa alasan, sektor pendidikan memegang peran penting dalam membentuk sumberdaya manusia yang berkualitas. Selain mampu mencetak sumberdaya manusia yang cerdas, pada prinsipnya pendidikan juga berperan melahirkan generasi yang memiliki kepekaan sosial serta rasa nasionalisme tinggi.

(Yuli Susanthi_Umum/Pacitan,Jawa Timur_Pendidikan)

Bagikan melalui: