2_1Jurnalikanews- Bogor Street Fest CGM 2019 dengan tema Katumbiri-Lighting Fesival dilaksanakan pada Selasa, 19 Februari 2019 di Jl. Surya kencana – Jl. Siliwangi kota Bogor pada pukul 15.00 WIB hingga 24.00 WIB oleh  Pemerintah Kota Bogor.

Indonesia adalah negara yang sangat luas, mulai dari sabang hingga merauke. Wilayah indonesia yang luas memberikan beragam suku, agama dan budaya . keberagaman itu memberikan berjuta perbedaan, lantas hal itu tidak membuat perpecahan  antar bangsa indonesia justru menambah persatuan dan kesatuan. Sesuai dengan semboyan bangsa indonesia ‘’Bhinneka Tunggal Ika”.

Ragam suku, agama dan budaya merupakan sebuah keunikan yang tidak semua negara memilikinya. Bahkan, hal ini menarik perhatian dari wisatawan baik lokal maupun asing untuk berkunjung ke Indonesia. Hal ini dapat menjadi peluang untuk menarik perhatian lebih banyak lagi wisatawan.2_2

Bogor Street Fest CGM 2019 yang merupakan agenda tahunan oleh pemerintah kota Bogor yang pada 2019 dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2019 di Jl. Surya kencana hingga Jl. Siliwangi dengan mengusung tema Katumbiri-Lighting Festival yang memiliki makna untuk mempersatukan budaya-budaya yang ada di indonesia. Acara yang dimulai dari pukul 15.00 WIB ini menarik banyak wisatawan baik lokal maupun dari luar kota Bogor. Selain itu, acara ini juga sangat diminati oleh para pegiat seni dari berbagai budaya untuk menampilkan budaya daerahnya masing-masing, mulai dari budaya India hingga budaya asli Bogor seperti cepot.

Sekitar 35 pegiat seni dan budaya mengikuti Bogor Street Fest CGM 2019 ini untuk menampilkan kebudayaannya. Diantaranya ada budaya India, budaya islam, Papua, dan budaya asli dari Bogor. Dalam acara ini juga ada sekitar 50 orang lebih yang ikut mensukseskan sebagai volunteer untuk membantu  kelancaran jalannya acara ini. Selain itu, Bogor Street Fest CGM 2019 juga terdaoat beberapa rangakain acara yaitu marching band, paskibraka, marawis, parade seni dan budaya serta penampilan liong-barongsai.

Sambutan dari masyarakat juga sangat besar, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang yang sudah lanjut usia juga ikut mensukseskan dengan hadir dan meramaikan Bogor Street Fest CGM 2019. Antusias dari masyarakat dapat dilihat dari padatnya lautan manusai yang memenuhi Jl. Surya kencana hingga Jl. Siliwangi yang juga memberikan efek kemacetan. Dalam hal ini kepolisian juga sudah menghimbau masyarakat untuk mencari jalan alternativ lainnya.

Harapannya dengan adanya Bogor Street Fest CGM ini dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar bangsa di Indonesia. Serta dapat memberikan efek yang baik bagi kota Bogor dan Indonesia. Karena sesuai tema yang diusung yaitu Katumbiri-Lighting Festival. (ILY/ALY)

Bagikan melalui: