Kegiatan makan dan minum merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ketika kalian memakan sesuatu, pasti kalian juga butuh minum. Apalagi makanan yang kalian makan adalah makanan yang berminyak dan pedas, pasti harus ada minuman yang wajib stay di dekat kalian. Semua orang pasti membutuhkan minum ketika makan. Namun ternyata masing – masing orang memiliki pandangan yang berbeda tentang cara makan dan minum, dalam artian sebagian orang lebih senang minum di sela – sela kegiatan makan, sebagian lainnya lebih senang minum ketika kegiatan makan telah selesai.

Terdapat hal menarik ternyata yang dapat dikupas dari dua cara yang berbeda tersebut. Ada dampak – dampak tertentu jika dilihat dari segi kesehatan. Padahal kita sebagai subyek, merasa fine dengan cara – cara tersebut, tidak ada pengaruh serius yang ditimbulkan dalam tubuh kita, yang penting rasa haus kita hilang. Bagi yang hobi minum di sela – sela makan, mereka mengatakan bahwa hal itu bagus, karena proses pencernaan makanan dalam tubuh kita dapat dibantu dengan air yang kita minum karena air akan lewat diantara makanan untuk mendorong makanan menuju usus, menyisakan sedikit sisa air agar makanan tidak terlalu padat sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan. Namun dilain sisi, beberapa ahli mengatakan bahwa minum di tengah – tengah makan akan mengencerkan asam lambung sehingga makanan sulit dicerna karena pada dasarnya makanan butuh waktu berjam – jam untuk  bisa dicerna, dengan adanya air, maka akan mengganggu proses pencernaan.

Selain hal diatas, ternyata minum langsung setelah selesai makan juga menuai pro dan kontra. Pihak yang pro mengatakan bahwa memang sebaiknya minum setelah proses makan selesai karena untuk menghindari gejala kembung dalam diri kita serta kita harus memberi jeda agar makanan dapat dicerna baik oleh lambung. Sedangkan pihak lain mengatakan bahwa jika kita minum setelah benar – benar selesai makan, maka makanan yang kita konsumsi tidak dapat terdorong dengan baik untuk dicerna oleh tubuh. Menimbulkan efek yang menimbulkan tenggorokan kita terasa susah menelan makanan yang dikonsumsi.

Dari paparan diatas, kembali lagi sebenarnya tujuan kita minum adalah untuk menghilangkan rasa haus yang timbul. Namun jika menyangkut kesehatan kita juga harus tetap aware dengan kebiasaan – kebiasaan yang dapat berdampak buruk. Tidak menutup kemungkinan bahwa memang terdapat waktu – waktu tertentu yang tepat untuk kegiatan minum yang dibarengi oleh makan. Jadi, kalian tim makan – minum, atau tim makan – minum – makan ? (FAP)

Sumber :

https://m.liputan6.com/amp/352492/minum-di-sela-sela-makan-bahaya-enggak

https://www.google.com/amps/s/doktersehat.com/bolehkah-langsung-minum-setelah-makan/amp/

 

Bagikan melalui: