musim1

Jurnalikanews- Musim hujan diibaratkan sebagai musim sakit bagi sebagian besar orang. Hal ini disebabkan karena pada saat musim hujan tubuh lebih mudah terserang sakit seperti flu dan batuk, sakit tenggorokan atau radang, masuk angin, dan lain sebagainya. Tubuh lebih mudah terserang penyakit karena adanya perubahan suhu di lingkungan, selain itu bakteri dan mikroba lebih mudah berkembang biak pada musim hujan seperti sekarang. Namun, walaupun cuaca kurang bersahabat jangan sampai kesahatan kita kurang bersahabat juga.

Bagaimana cara untuk menjaga tubuh kita tetap fit? berikut merupakan jawabannya:

musim2

  1. Menjaga Pola Makan

Karena pada saat musim hujan bakteri dan virus lebih cepat berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia, maka daya tahan tubuh kita harus dijaga. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh kita adalah dengan menjagaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita. Apabila tubuh kekurangan nutrisi, maka daya tahan tubuh akan menurun. Pola makan kita harus teratur dari sarapan, makan siang, serta makan malam. Kurangi mengonsumsi makanan berminyak, karena makanan yang mengandung banyak minyak dapat berpengaruh langsung terhadap tenggorokan dan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Selain itu, dianjurkan untuk memakan makanan yang mengandung probiotik agar terhindar dari infeksi seperti tahu,tempe,yoghurt, dan lain sebagainya. Mengonsumsi makanan dan minuman yang hangat juga dapat membantu menghangatkan tubuh kita di musim yang dingin seperti sekarang.

  1. Menjaga Pola Tidur

Tidur yang cukup sangat diperlukan bagi tubuh kita, karena tidur adalah waktu tubuh untuk istirahat dan proses pemulihan seluruh sistem anggota tubuh. Tidur yang cukup berarti tidak kurang dan tidak lebih. Tidur yang kurang akan berdampak pada penurunan daya tahan tubuh, sedangkan tidur yang lebih akan berdampak pada tubuh yang lemas dan otot yang kaku. Tidur yang cukup bagi usia 18-25 tahun adalah selama 7-9 jam per hari.

  1. Olah Raga

Melakukan olah raga merupakan salah satu langkah yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan latihan fisik akan meningkatkan sel darah putih yang berfungsi untuk menyediakan pertahanan yang kuat dan cepat bagi tubuh yang mengalami peradangan. Jangan khawatir, walaupun musim hujan banyak olah raga yang dapat dilakukan di dalam ruangan seperti, senam, yoga, angkat beban, dan lain sebagainya.

  1. Mengonsumsi vitamin C

Mengonsumsi vitamin pada saat musim hujan seperti ini sangat dianjurkan, karena saat musim hujan terjadi perubahan suhu yang membuat tubuh kita harus menyesuaikan kondisi atau beradaptasi dengan musim ini. Proses beradaptasi ini akan menurunkan sistem imun pada tubuh kita. Karena itu, dengan mengonsumsi vitamin C akan membantu meningkatkan sistem imun kita. Vitamin C dapat anda konsumsi secara langsung, dan dapat diperoleh dari buah kaya akan vitamin C seperti jeruk, strawberry, kiwi, dan lain sebagainya.

  1. Menjaga Pikiran yang Sehat

Cara menjaga pikiran yang sehat dan tidak stress adalah dengan relaksasi, jangan terlalu membebani diri kita sendiri dengan segala pekerjaan kita. Stress akan mempengaruhi kondisi fisiologis tubuh kita, dimana tubuh kita akan lebih mudah letih dan mudah terinfeksi. Berpikiran positif, menyemangati diri sendiri, tetap optimis, dan meningkatkan iman dan taqwa merupkan sifat dan langkah yang harus ditanamkan dan diambil dalam diri kita untuk tetap menjaga pikiran yang sehat dan tidak stress.

Jika tubuh kita sudah terinfeksi cara terbaik untuk menanggulanginya adalah dengan meminum banyak air putih agar tubuh kita tidak kekurangan cairan tubuh. Cairan tubuh kita tidak hanya mengandung air tetapi juga mengandung ion. Dengan menjaga keseimbangan ion dalam tubuh maka metabolisme tubuh juga akan semakin optimal. (Ica)

SUMBER BERITA:

https://www.google.co.id/amp/s/m.liputan6.com/amp/2856292/4-tips-dari-kemenkes-agar-tetap-sehat-di-musim-hujan

https://bidanku.com/8-tips-pintar-menjaga-kesehatan-saat-musim-penghujan

http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/10/2017/5534/cara-jaga-kesehatan-saat-musim-hujan

SUMBER GAMBAR:

http://travel.tribunnews.com/2018/11/22/5-cara-menghindari-flu-selama-musim-hujan-jangan-lupa-suntik-vaksin

http://www.ayobogor.com/read/2017/09/28/748/kenapa-kita-sering-pilek-saat-peralihan-cuaca-hujan

 

Bagikan melalui: