ss1

Jurnalikanews-Susu sapi merupakan minuman yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh manusia. Susu sapi disebut juga darah putih bagi tubuh,hal ini dikarenakan susu sapi  memiliki kandungan seperti vitamin dan banyak asam amino yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Susu memiliki kandungan gizi seperti vitamin B2 dan vitamin A , selain protein susu juga mengandung asam amino yang berguna untuk pertumbuhan tubuh. Susu sapi juga memiliki kandungan kolin yang melimpah,potasium, vitamin D dan masi banyak kandungan susu sapi lainnya yang sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh.

Banyaknya kandungan dari susu sapi yang bermanfaat bagi tubuh menjadikan susu sapi merupakan minuman yang wajib untuk dikonsumsi  manusia. Penelitian tentang manfaat susu sapi untuk tubuh juga telah banyak dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan sekaligus meyakinkan, betapa penting nya kita mengkonsumsi susu sapi. Selain itu apakah ada dampak yang ditimbulkan jika mengkonsumsi susu sapi setiap hari? Berikut pembahasan tentang manfaat mengonsumsi susu sapi yang jarang diketahui banyak orang, bagi tubuh manusia:

  1. Membantu meringankan pekerjaan otak besar.

Otak manusia terdiri dari bagian-bagian , seperti yang kita tahu otak manusia secara umum terbagi menjadi otak besar,otak tengah ,dan otak kecil. Otak besar berperan dalam sistem mengkoordinasi tubuh dan lingkungan.Ternyata mengonsumsi susu berpengaruh terhadap kinerja otak besar manusia. Susu sapi dapat membantu meringankan pekerjaan otak besar manusia, hal ini dapat terjadi karena susu sapi mengandung  seng (Zn) ,leticin, dan iodium. Adanya zat ini secara significan mampu meningkatkan efisiensi kerja otak. Hal ini dapat membuat kita menjadi mudah berkonsentrasi.

  1. Mempertajam penglihatan mata

Mata merupakan alat indera yang sangat penting untuk manusia. Penjagaan terhadap mata sangat diperlukan untuk menjaga mata agar tetap sehat dan memelihara ketajaman mata itu sendiri. Banyak orang tidak tahu bahwasanya susu juga berperan penting dakam menjaga mata selalu sehat. Mengonsumsi susu dapat menjaga mata tetap sehat dan memelihara ketajaman mata. Hal ini dikarenakan susu kandungan vitamin B2 dan vitamin A yang tinggi dalam susu. Seperti yang kita tahu bahwa vitami A dan vitamin B2 bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Penetral zat dan racun

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari tidak dapat kita pastikan secara pasti apa kandungannya. Bisa saja kita mengonsumsi zat atau bahan yang tidak baik untuk tubuh. Hal ini dapat kita antisipasi  dengan mengonsumsi susu sapi. Susu dinilai sebagai penetral zat makanan yang masuk dalam tubuh. Termasuk berguna untuk menetralkan racun, baik timah, logam, Cadmium dan sebagainya. Susu murni juga dapat membersihkan paru-paru,karena racun tidak selalu berasal dari makanan ataupun minuman, namun juga berasal dari polusi yang terserap oleh tubuh melalui kulit paru-paru.Untuk itu kita sangat disarankan meminum susu setiap harinya,agar hal-hal yang tidak kita inginkan dapat diminimalisir kejadiannya,apalagi setelah menjalani kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan zat kimia ,seperti pekerjaan di laboratorium kimia contohnya. Namun yang perlu diketahui adalah,jangan meminum susu setelah meminum obat,hal ini dikarenakan obat tersebut akan dinetralisir oleh racun,sehingga manfaat obat tidak jadi diserap oleh tubuh.

  1. Mencegah resiko penyakit jantung

Susu sapi mengandung potasium yang dapat meningkatkan vasodilatasi (melebarkan pembuluh darah) manusia dan menurunkan tekanan darah.Mengonsumsi susu setiap hari memang baik untuk kesehatan tubuh,namun hal yang harus diperhatikan adalah sebaiknya mengonsumsi susu yang rendah lemak dan jangan maengonsumsi susu lebih dari dua hingga tiga porsi sehari. Mengasup susu dalam jumlah sedang merupakan sebuah kunci sehat unguk tubuh,namun memang harus sangat memperhatikan hal yang sudah disebutkan diatas.

  1. Baik untuk kecantikan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh,ternyata susu juga sangat bermanfaat untuk permukaan tubuh manusia yaitu kulit manusia. Susu sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit,terutama kulit kering. Susu dapat digunkana untuk menghaluskan kulit. Ini dikarenakan kandungan asam laktat pada susu mampu menghilangkan sel kulit mati sehingga menjadikan kulit cerah dan lebih merona. Anti oksidan pada susu membantu mengurangi radikal bebas sehingga dapat meningkatkan metabolisme sel. Hal ini sangat membantu untuk para wanita yang ingin menjaga kulit nya agar tetap sehat dan terawat, karena dengan mengonsumsi susu setiap hari,kulit dapat sehat tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

Itulah manfaat susu sapi yang jarang diketahui yang ternyata manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh manusia. Yuk mulai sekarang rajin minum susu,agar manfaat susu benar-benar dapat kita rasakan manfaatnya. Salam sehat minum susu setiap hari J (SST)

 

Bagikan melalui: