Sebutan anak kos biasanya diberikan kepada orang – orang yang meninggalkan kampung halamannya dan hidup di perantauan. Kebanyakan anak kos merupakan seorang mahasiswa. Menjadi seorang mahasiswa bukanlah hal yang menyenangkan seperti apa yang kita bayangkan di bangku SMA. Kenyataan sangatlah berbanding terbalik dengan ekspektasi. Jauh dari orang – orang terdekat adalah tantangan terbesar, pada akhirnya, menjadi anak kos adalah risikonya.  Hidup mandiri di setiap saat, karena pada dasarnya tidak ada yang bisa diandalkan selain diri kita sendiri. Kita juga wajib untuk bisa mengelola keuangan kita sendiri. Karena mengelola keuangan adalah hal yang sangat sulit dan sering terjadi kegagalan, maka dari itu, kami akan memberikan informasi tentang manajemen keuangan anak kos yang efektif dan efisien. Manajemen keuangan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pencatatan pada tiap waktu yang ditentukan

Pencatatan pada tiap waktu yang diperlukan maksudnya adalah kita mencatat pemasukan dan pengeluaran pada tiap bulannya. Agar kita tahu apa yang membuat uang kita habis.

  1. Alokasi dana

Alokasi dana sangat penting untuk dilakukan, uang yang kita miliki harus diatur sedemikian rupa hingga kita tahu berapa banyak uang yang kita butuhkan. Pada step ini, kita juga harus menentukan uang yang dikeluarkan perhari jumlahnya berapa.

  1. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan

Poin ke tiga ini adalah sesuatu yang sangat menyusahkan. Dimana semua orang pasti merasakan bahwa seringkali ‘keinginan’mendominasi diatas kebutuhan kita. Maka dari itu, kita harus bisa mengorbankan salah satunya. Uang yang kita miliki harus digunakan untuk sesuatu yang penting dan menyangkut orang banyak.

  1. Pembuatan daftar belanja

Pembuatan dafar belanja ini dilakukan supaya kita dapat berbelanja sesuai dengan jalurnya. Dengan maksud, semua bahan yang kita butuhkan akan bisa didapat semuanya dan tidak ada yang terlewat.

  1. Hindari kegiatan – kegiatan yang kurang penting

Hal yang semacam ini sangat wajib untuk dijauhi, karena dengan mengikuti kegiatan yang tidak begitu penting, maka uang kita akan terkuras secara drastis. Biasanya hal semacam ini disebabkan oleh pergaulan yang salah, jadi, bijaklah dalam hal berteman.

  1. Pilihlah tempat makan level mahasiswa

Pilihlah tempat makan yang harganya adalah menengah kebawah, yang sesuai dengan kantong mahasiswa. Jika ingin makanan benar – benar bersih, maka kalian bisa masak sendiri terlebih dahulu.

  1. Menabung

Menabung sangat wajib dilakukan karena menabung memiliki fungsi sebagai simpanan cadangan sebagaii pilihan terakhir disaat krisis moneter.

Tujuh hal yang telah disebutkan diatas merupakan cara untuk mengelola keuangan sebagai anak kos yang jauh dari orang tua dan keluarga. Semoga apa yang disampaikan dapat membantu kalian dalam mengatur keuangan.

Bagikan melalui: